insta resep Saya memang suka nyetok tempe/ayam di kulkas. Nah biar awet dan tinggal goreng h…


Saya memang suka nyetok tempe/ayam di kulkas. Nah biar awet dan tinggal goreng h…

Saya memang suka nyetok tempe/ayam di kulkas. Nah biar awet dan tinggal goreng harus dikasih bumbu dan dimasak terlebih dahulu. Bumbu kuning ini digunakan untuk segala masakan yang nantinya akan digoreng. Ada banyak sebutannya juga. Ada yang nyebutnya bumbu ungkep, bumbu kuning, bumbu lengkuas dll. Disebut bumbu kuning karna emang warnanya kuning pake kunyit. Disebut bumbu lengkuas kalo takaran lengkuasnya lebih banyak. Nahh… kebetulan yang saya bikin kemaren itu bumbu lengkuas, jadi biar ada serbuk2 lengkuasnya yang bkin gurih kalo dimakan. Seperti biasa, saya engga pernah pke takaran klo masak. Garis besarnya bumbu yang digunakan adalah:
(Bumbu halus)
– Bawang Putih
– Ketumbar
– Kemiri
– Kunyit
– Lengkuas
– Jahe
(Bumbu lainnya)
– Serai
– Daun Salam
– Gula
– Garam
– Merica

Cara Masaknya tinggal haluskan bumbu halus, kemudian masukkan kedalam wajan dan isi air. Banyaknya sesuaikan dengan tempe/ayam yang mau direbus. Pastikan sampai terendam semuanya ya, biar bumbunya meresap sempurna. Kalo udah mendidih tinggal masukin bumbu lainnya dan cicipi. Kalo udah pas tinggal masak sampai airnya surut. Emang sih rada ngabisin gas banget, tp enak dan bisa lebih praktis nanti tinggal goreng goreng aja 😁
.
Untuk lebih jelasnya berapa takaran yg harus dipakai bisa search aja d google/yutup ya… .
Nahh tempe yang saya gunakan pada video ini saya pakai tempe yang sudah dibumbui sebelumnya, jadi pas bikin tempe orek saya engga perlu lagi masukin garam, gula, dan merica. Karna sudah terwakilkan 😁
.
Tpi buat temen2 yang males harus pakai bumbu kuning dlu ga masalah… pakai tempe tanpa bumbu juga gpp… yang penting jangan lupa masukin garam,gula, sama merica biar sedapp…
.
Dan satu lagi, tempenya harus DI GORENG! karna kalo engga digoreng dlu rasanya anyep…
.

#resepmasak #videomasak #resepsayurasem #resepenak #resepsederhana #resepnusantara #resepmasaknelamulsifa



Source

Leave a Comment